Skip to main content

Perpanjang STNK di Samsat Cinere

Udah beberapa kali sih sebenernya gue perpanjang STNK di samsat Cinere. Dari yang pake kantor bersama di ruko, sampe sekarang punya gedung baru di cinere. Pelayanannya ... over all is NICE!.

Ok, here we go ...
Sabtu, minggu lalu, gue perpanjang STNK si gantenk (Supra X - 125R) yang masih pake KTP pemilik lama, yang alamatnya di cinere dan sekalian STNK mobil bokap dengan alamat di Pondok Labu. Since it's Saturday ... Samsat Cinere cuma buka setengah hari, so .. gue brangkat pagi-pagi.

Nyampe di Samsat jam 8 kurang. (Samsat buka pelayanan jam 8) udah agak rame bo! .. gue langsung menuju ke bawah tangga, tempat fotocopy. Di sana langsung kasih 2 set berisi KTP atas nama STNK, BPKB dan STNK serta KTP gue. Si tukang fotocopynya juga dah ngerti sih .. brapa kali dia fotocopy dan btuh apa aja.

Selesai langsung dapet 2 map isi semua hasil fotocopy-an. Nah .. blum selesai nih ... gue musti nulis surat kuasa, soalnya KTP-nya seumur hidup semua. Lengkap dengan tanda tangan (palsu) pembuat surat kuasa di atas sebuah materai 6000.

Map untuk motor, gue taroh di bagian pendaftaran motor, dan map untuk mobil ke bgian pendftaran mobil. Tapi, karena KTPnya Jakarta, mapnya pindah ke loket perpanjangan STNK online 3 wilayah (jakarta, depok, tangerang).

Naik ke ruang samsat, minta form perpanjangan STNK di meja informasi. Lokasinya, begitu masuk samsat, langsung belok kanan. Isi for sesuai contoh (ada kok contohnya ditempel di tembok) lalu gue masukkan semua berkas tambahan (surat kuasa, KTP yang diberi kuasa dan form permohonan) ke dalam map sesuai nama.

Abis naro STNK mobil, gak lama langsung dibalikin BPKBnya, gak sampe 5 mnit, dipanggil untuk bayar, kurang dari 1 menit, STNKnya jadi! Sementara, BPKB motor malah blon dibalikin .. dan masih nunggu 15 menitan deh ...

Setelah BPKB motor dikembalikan, masih nunggu sekitar 10 menitan, sampe dipanggil untuk bayar/ Setelah bayar, dapet bukti pembayaran berupa print-out kertas karbon warna merah. Nunggu sekitar 5 menit lagi untuk ambil STNK/ Total ... sekitar setengah jam deh ngurusin semuanya. Puas deh .. ngurusin STNK sendiri.

Ok .. ini ringkasannya:

  • SAMSAT Cinere hari Sabtu buka jam 8.00 sampe 11.00 (atau jam 1 ya?) untuk penerimaan pendaftaran. Tapi .. disarankan sih .. dateng pagi .. biar ngantrinya gak terlalu lama. Terutama motor!
  • Begitu nyampe, langsung ke bawah tangga, ke tempat fotocopy. Serahkan STNK asli, BPKB, KTP atas nama STNK.
  • Kalau KTPnya seumur hidup DAN bukan atas nama sendiri, mintalah selembar kertas HVS dan beli sebuah materai.
  • Isi form permohonan sesuai contoh.
  • Letakkan berkas di loket pendaftaran 
  • tunggu dipanggil untuk ambil BPKB, lalu ambil BPKB
  • tunggu dipanggil lagi untuk bayar, lalu bayar STNK sesuai pemberitahuan dari petugas. Biasanya gak jauh beda dari nominal yang tercantum di kertas pajak di STNK.
  • tunggu dipanggil lagi untuk ambil STNK. Ambil dan simpan dalam plastik yang udah dikasih.

CONTOH Isi Surat Kuasa: [silahkan berkreasi ...]
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: (sesuai nama di KTP yang sama dg STNK)
Alamat: (sesuai alamat di KTP yang sama dg STNK)

Memberikan kuasa kepada:
Nama: (sesuai nama di KTP yg memperpanjang)
Alamat (sesuai alamat di KTP yang memperpanjang)
Untuk memperpanjang pajak STNK kendaraan MOTOR (atau sesuai kendaraannya) dengan plat [plat nomer]

Sekian dan terima kasih.
Jakarta, [tanggal perpanjang]
tanda tangan pemberi kuasa dengan materai - tanda tangan yang diberikan kuasa
nama jelas pemberi kuasa - nama jelas yang diberi kuasa

Simpel kan? ... jadi .. dari pada bayar orang lain ... mending urus sendiri deh .. murah meriah .. lagian .. itu kan kendaraan tunggangan sendiri ... ya di urus sendiri dong ah .. hihihi ...

Comments

Unknown said…
Kalo perpanjangan stnk dan plat motor sama g?
JoAnn said…
STNK itu tahunan ... Plat motor itu, 5 tahunan
Anto-Cihui said…
Jo, ini blog u?

Tanya dong,
Kalau plat jakarta urus 5 tahunan di samsat Cinere bisa?

thanks
JoAnn said…
1 tahun kemudian ... ^_^ ... 5 taonan kayanya musti di samsat pusat, gue terakir kantor yang di Semanggi. Soalnya cek fisik n cetak plat. Dateng pagi aja Nto. Gue ga tau dah itu di samsat bisa pa kagak klo beda lokasi.
Yadi said…
Kakau hari minggu buka gak? Jika buka dari jam brp dan tutup nya jam brp kah? Tksh
JoAnn said…
again ... setahun kemudian ....
Kaga ada yg buka kalo Minggu atuh .. libur

Popular posts from this blog

my weekend

Huaaahhh.... Senangnya hari sabtu kemaren bisa tiduran sampe puasssss.... Sabtu bangun jam 10 Pagi, trus abis mandi langsung masuk ke kamar, nyalain komputer. niatnya sih kerja, tapi ternyata malah nonton VCD... :) hue he he.... Sampe jam 1.30. niatnya sih mau siap siap latian band, tapi ternyata di SMS kak Oki, katanya Nurul (pelatihnya) nggak bisa dateng. jadi batal deh. Yah... gue terusin nonton VCDnya. Nggak lama pingkan SMS, gue disuru ke rumahnya. Jadilah gue kesana. katanya mau ditraktir sama kak nuel. Dalam mobil ada gue, Pingkan, Becky dan adik2 jalan lembang (Rizky dan Dimas), Irene , Annie , Jessica dan tentunya kak Nuel dibelakang. Kita pada pergi ke sogo Plaza Ind. makan di food court. wah sampe jam 10.30 malem. Dimarahin nggak ya sama ortunya adik2? Trus nganter gue pulang. Huaahh.... beegah rasanya! 3 hari ini gue makan banyak. Kamis, makan KFC sampe nyisa Jumat, pas pembantu masak enak. padahal baru beli bakpau A1 2 biji, sama coklat beng beng 2 batang. (rakusn

Bendera setengah tiang

Kemarin, tepatnya tanggal 17 Agustus 2011, (katanya) hari itu, 66 tahun yang lalu, Indonesia Merdeka. Kata mereka .. yang memperoleh data dari buku-buku sejarah yang kadang-kadang beda satu dengan lainnya. Waktu rezim Soeharto, seluruh rakyat Indonesia diwajibkan untuk menaikkan bendera merah putih sampai puncaknya. Tapi kemarin, sampe hari ini, saya pribadi menaikkan bendera setengah tiang. Bendera merah putih, sebagai bendera negara. Bendera yang sudah diperkenalkan oleh rakyat Indonesia, sejak sebelum merdeka. Merdeka atau Mati .. itu slogan mereka dulu. Merah yang artinya berani dan putih berarti suci, dipakai sebagai warna bangsa, tanpa menambahkan embel2 gambar lainnya. Bendera yang dikibarkan setinggi tiang biasanya dilakukan pada saat memperingati kemerdekaan/kemenangan Sementara bendera setengah tiang biasanya dilakukan pada saat memperingati kematian atau kesedihan. Untuk hari kemerdekaan tahun ini, saya harus menaikkan bendera setengah tiang. Untuk ngenenang para pahla

Shout Box

Sori nih temen temen... shout box gue , dimatiin dulu ya... soalnya lagi di pinjem di alamat web gue yang lain. Ntar kalo disana udah selesai, pasti gue balikin lagi. Kalo emang mau comment, pake comment box dibawah aja ya... (^_^)