Jika memiliki info yang cukup banyak, sebaiknya diberikan bertahap sesuai kebutuhan! Too much information will kill you
Contoh yang paling keliatan itu, pelajaran matematika SD - SMA. Semua pelajaran sebenernya sih ngulang-ngulang .. tp bedanya hanya kedalaman materi yang dibahas. Jadi sepertinya 1 bab matematika itu, di irit2 pengetahuannya dari SD sampe SMA. Alasan yang paling masuk akal adalah tingkat pemahaman anak/manusia itu bertahap. Dari cuma hal-hal simpel .. trus berlanjut ke hal-hal yang agak rumit.
Tapi ternyata gak cuma urusan pelajaran matematika aja yang , tapi juga dalam segala bentuk informasi. Termasuk informasi untuk anak baru. Di kantor gue .. ada anak baru .. under my supervision ... begitu banyak hal yang gue musti sampein ke dia .. dari pekerjaan intinya, printilan detail pekerjaannya, flowchart pekerjaannya .. sampe urusan printilan-printilan, seperti kebiasaan absen, tempat toilet, kebiasaan air minum, kebiasaan matiin lampu, listrik sampe semuanya deh .. itu kan ga bisa semua2 dikasih tau .. yang ada dia nti bingung n jadi terlalu banyak informasi. Kalo gue shi .. selalu memberikan pengetahuan bertahap. Awali dari pekerjaan intinya .. next step, flowchart .. trus, sambil lalu .. bicara soal kebiasaan2 disini .. kan jadi enak .. tapi ternyata ada juga yg ngelip2 ngasih info .. hayah ... hihi . ya sud lah ...
Comments